11 LANGKAH MENERAPKAN ECO GREEN DI SEKITAR KITA

Semakin kesini zaman semakin canggih akan teknologi, tanpa kita sadari bumi ini semakin menua. Dibalik kecanggihan teknologi saat ini, banyak masyarakat yang menginginkan memiliki hidup sehat yang berkualitas. Namun pada kenyataannya di lingkungan kita saat ini sedang mengalami ketidakseimbangan alam, sehingga tidak heran apabila bumi kita saat ini sedang mengalami kerentanan akan bencana alam seperti banjir, tanah longsor, kebakaran, penggundulan hutan, global warming, kondisi udara yang tidak sehat, dan lain sebagainya.

Dari fenomena kerusakan lingkungan yang terjadi, maka diperlukannya upaya untuk mengurangi kerusakan lingkungan alam tersebut. Salah satunya ialah dengan perilaku Gaya Hidup Ramah Lingkungan atau tidak berbahaya bagi lingkungan yang disebut Eco Green atau Go Green atau Eco Friendly, hal ini dilakukan sebagai upaya nyata untuk lebih menyayangi bumi.

Berikut ini merupakan penerapan Eco Green yang dapat dilakukan, yaitu :

  1. Mematikan alat listrik atau cabut kabel listrik apabila sudah tidak digunakan, contohnya : Lampu, TV, Komputer, Kipas, dan lain sebagainya.
  2. Mengganti lampu dengan lampu LED yang hemat daya.
  3. Kurangi penggunaan kertas.
  4. Ganti penggunaan tissue dengan kain serat atau kain pembersih microfiber. Kemudian apabila kain telah dipakai maka dapat segera dicuci bersih dan dapat digunakan kembali.
  5. Membeli suatu produk dalam jumlah besar sekaligus, hal ini karena harganya yang lebih ekonomis dan tidak menimbulkan banyak sampah akibat penggunaan kemasan seperti plastik.
  6. Menggunakan peralatan makanan atau minuman yang dapat dipergunakan kembali, hal ini mengurangi sampah akibat dari penggunaan kemasan yang tidak ramah lingkungan.
  7. Kurangi penggunaan AC dengan cara menggunakan jendela ruangan atau kipas angin. Hal ini bertujuan untuk mengurangi/membatasi penggunaan yang membutuhkan daya listrik yang besar.
  8. Pisahkan masing-masing jenis sampah seperti sampah organik, dan sampah anorganik. Hal ini dapat memudahkan dalam proses pemilihan sampah untuk diuraikan.
  9. Menghiasi ruangan dengan berbagai tanaman. Hal ini untuk memperindah ruangan dan juga membantu menghasilkan oksigen di dalam ruangan.
  10. Membuat produk ramah lingkungan seperti menanam tanaman hidroponik tanpa adanya bahan kimia, membuat tas dari kain perca atau baju bekas, dan lain sebagainya.
  11. Pilih wadah atau kemasan makanan/minuman yang dapat digunakan kembali.

Dari sedikit penjelasan di atas menggambarkan bahwa penerapan Eco Green tersebut sangatlah penting bagi kesehatan bumi kita dan penerapannya juga mudah untuk kita lakukan. Oleh karena itu, produk kami Imago Raw Honey menggunakan kemasan yang ramah lingkungan sebagai upaya kepedulian kita terhadap lingkungan.

Oleh : Linda Nurul Izah (IMAGO)

Daftar Pustaka :

Anonym. 2019. 10 Aktivitas Eco-Friendly Yang Bisa Kamu Terapkan Di Lingkungan Kantor. Tersedia pada link : https://www.popbela.com/career/working-life/tri-sintarini/10-aktivitas-eco-friendly-yang-bisa-kamu-terapkan-di-lingkungan-kantor/full. Diakses pada 30 Juli 2021.

Anonym. 2021. Inilah 5 Aktivitas Dan Produk Eco Friendly Yang Bisa Anda Hasilkan Dari Rumah!. Tersedia pada link: https://www.rumah.com/panduan-properti/eco-friendly-43899. Diakses pada 30 Juli 2021.

Gabriella, D. A., dan Sugiarto, A. 2020. Kesadaran Dan Perilaku Ramah Lingkungan Mahasiswa Di Kampus. Jurnal Ilmu Sosial dan Humaniora, Vol. 9 (2).

WhatsApp
Facebook
Twitter
LinkedIn
Telegram

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Categories